Bradsis,
seperti sering ME beritakan, seiring berkembangnya keinginan
motorexpertiz upgrade performa besutan skutik lewat cara bore-up,
diikuti kian banyak juga tuh tawaran bore-up kit (paket bore-up jadi) di
pasaran. Salah satunya yang jadi incaran scooterexpertiz adalah paket
labelan TDR yang dibanderol Rp 650 ribu. Hasilnya, terbukti paket ini
mampu mengatrol tenaga hinga 2 dk lebih.
***********
Harga Bersaing
Gak bisa dipungkirin, paketan bore-up jadi yang dijajakan speed shop
belakangan emang makin berjibun. Gak cuma soal harga yang disodorin
makin terjangkau (di luar ongkos ada yang dijual Rp 400 ribuan). Merek
dan kualitas produknya juga macem-macem. Penasaran, ME pun pinjam
skutik Yamaha Mio Sporty milik Alvian yang udah pasang paket bore-up
TDR. Kenapa dipilih TDR? Selain memang brand-nya sudah terpercaya, dari
segi harga juga cukup kompetitif kok. Yakni, Rp 650 ribu.
Dapat apa aja, untuk budget segitu? Cukup lengkap, di antaranya ada blok silinder berikut sehernya yang berdimensi 58,5 mm, ring dan pen
piston. Menurut Juffry Willar, R&D-nya Mitra2000 (pemilik brand
TDR), dengan seher berdiameter segitu, kapasitas Mio terdongkrak jadi
155,5 cc, bradsis. “Buat dipakai harian, masih aman lah, untuk
kapasitas mesin segitu sih!” jamin pria ramah ini sembari bilang, meski
150 cc lebih, Mio tetep enak dan aman buat jalan jauh.
Masih
menurut brader Juffry, paket TDR ini tinggal pasang aja. Paling kalo
pun ada oprekan, ya pada bagian head. Maksudnya, biar enggak mentok sama
kepala piston dan kompresi yang dihasilkan lebih sempurna, perlu
dirapiin lagi tuh, yang namanya squis, bradsis. “Kalo ini, jelas tim
kami yang akan menangani,” lanjut brader Juffry.
Lebih
seru, brader Juffry juga menyebut kalo paketnya TDR ini bisa kok,
dijodohin sama knalpot dan karburator orisinalnya. Cuma ya itu, biar
bisa memenuhi kebutuhan proses pembakaran, semprotan adonan bahan bakar
dan udara juga perlu disesuaikan, dengan artian spuyer perlu
direjetting. Pastinya sih, pake yang ukurannya lebih gede, bradsis.
“Tiap setingan motor beda-beda. Jadi kenaikan angka spuyer gak bisa
dipatok sama. Mesti dicari dulu sampe dapet ukuran yang pas dan enggak
kebasahan atau malah kekeringan!” jabar pria berpostur tegap ini.
Untuk
mengerjakan pemasangan paket bore-up kit TDR dan seting, paling tidak
butuh waktu setengah harian. Itu pun kalo ‘lab-nya’ Mitra2000 alias
workshopnya lagi gak terlalu banyak pasien. Kalo lagi antre, kemungkinan
perlu sehari. Artinya, pasang hari ini, besok diambil. Dan hasilnya
cukup efektif, lo. “Gue pernah dyno motor gue kok. Jelas karena
kapasitas nambah jadi 150-an cc, tenaga juga mengentak. Waktu itu, kalo
enggak salah tercatat peningkatan tenaga sekitar 2,02 dk dari
standarnya,” aku Alvian sembari mengingat-ingat.
Malahan
– masih kata Alvian – skutik itu enggak cuma dipakai untuk mendukung
aktivitasnya sebagai sales di sebuah perusahaan perkreditan, tapi sering
juga dipakai keluar kota bareng teman-teman tongkrongannya. “Gak ada
masalah tuh. Kalo pun bensin sedikit lebih boros dari biasanya, buat gue
sih lumrah, lah. Sebanding antara biaya yang gue keluarin dan kepuasan
yang gue dapet. Lagian ribet banget, buat hobi kok kebanyakan mikir,
hehehe..!” canda pria tinggi kurus ini.
Eh.. betul juga loe brad! Ikut pasang, ah…
boleh tahu alamat workshopnya gan? langsung datang lebih praktis. thx
BalasHapusBisnis online yang berbeda dari bisnis online yang lain. Pertama di Indonesia dan terbukti membayar. Info selengkapnya disini
BalasHapusMau tanya blok tdr ini semuanya keramik atau ada yg tidak? Saya beli blok tdr 550rb uda sama piston nya tp gatau ini keramic atau bukan ya semoga aja awet.. Mohon infonya makasih
BalasHapusmasih ada yang kurang om. Di bagian head mesti ganti spring klep. Kalau makai standar pada saat awal gasspoll akan menyebabkan klep menggelitik dan tarikan hilang. Kompresi yang besar mengharuskan untuk mengganti spring klep yang lebih keras/racing. Bagusnya pakai merk Amerika atau gak Swedia udah joss. Spring klep sonic jangan. Karena per nya rapat sehingga akan mudah patah apabila noken ass sudah di modif karena bukaan akan lebih tinggi.
BalasHapusmau tanya om.. saya pengguna jupiter z1.rencana mau membeli paket bore up 130cc TDR.. nanti kira kira langsung pnp atau ada penyesuaian bubut membubut lagi. terus kalo pake ecu standar ori motor z1 apa bisa atau harus ganti ecu racing... makasih sebelumnya
BalasHapusAyo Segera Gabung Bersama BANDARDUNIA
BalasHapusMaster Agen Betting Online Terpercaya Di indonesia DENGAN TRANSAKSI TERNYAMAN dan
TERAMAN
Min deposit & withdraw Rp 50.000,- Di support Bank Lokal BCA, Mandiri, BNI, dan BRI. Info lbh
lanjut,silahkan hubungi CS 24/7 kami melalui :
Link Register :
http://goo.gl/4eIAzE
Livechat : https://goo.gl/eT5T3i
BB : 266c728d
BB2:2bbb91c0
Whatsapp : +6281376501828