Selasa, 14 Januari 2014

Bore-Up Kit TDR: Dongkrak Tenaga Cuma Rp 650 Ribu

Bradsis, seperti sering ME beritakan, seiring berkembangnya keinginan motorexpertiz upgrade performa besutan skutik lewat cara bore-up, diikuti kian banyak juga tuh tawaran bore-up kit (paket bore-up jadi) di pasaran. Salah satunya yang jadi incaran scooterexpertiz adalah paket labelan TDR yang dibanderol Rp 650 ribu.  Hasilnya, terbukti paket ini mampu mengatrol tenaga hinga 2 dk lebih.
***********
Harga Bersaing
Gak bisa dipungkirin, paketan bore-up jadi yang dijajakan speed shop belakangan emang makin berjibun. Gak cuma soal harga yang disodorin makin terjangkau (di luar ongkos ada yang dijual  Rp 400 ribuan).  Merek dan kualitas produknya juga macem-macem. Penasaran, ME pun pinjam skutik Yamaha Mio Sporty milik Alvian yang udah pasang paket bore-up TDR.  Kenapa dipilih TDR? Selain memang brand-nya sudah terpercaya, dari segi harga juga cukup kompetitif kok. Yakni, Rp 650 ribu.
Head perlu dirapiin lagi ngikutin pistonDapat apa aja, untuk budget segitu? Cukup lengkap, di antaranya ada blok silinder  berikut sehernya yang berdimensi 58,5 mm, ring dan pen piston. Menurut  Juffry Willar, R&D-nya Mitra2000 (pemilik brand TDR), dengan seher berdiameter segitu, kapasitas Mio terdongkrak jadi 155,5 cc, bradsis. “Buat dipakai harian, masih aman lah, untuk  kapasitas mesin segitu sih!” jamin pria ramah ini sembari bilang, meski 150 cc lebih, Mio tetep enak dan aman buat jalan jauh.  
Masih menurut brader Juffry, paket TDR ini tinggal pasang aja. Paling kalo pun ada oprekan, ya pada bagian head. Maksudnya, biar enggak mentok sama kepala piston dan kompresi yang dihasilkan lebih sempurna, perlu dirapiin lagi tuh, yang namanya squis, bradsis. “Kalo ini, jelas tim kami yang akan menangani,” lanjut brader Juffry.
Lebih seru, brader Juffry juga menyebut kalo paketnya TDR ini bisa kok, dijodohin sama knalpot dan karburator orisinalnya. Cuma ya itu, biar bisa memenuhi kebutuhan proses pembakaran, semprotan adonan bahan bakar dan udara juga perlu disesuaikan, dengan artian spuyer perlu direjetting.  Pastinya sih, pake yang ukurannya lebih gede, bradsis. “Tiap setingan motor beda-beda. Jadi kenaikan angka spuyer gak bisa dipatok sama. Mesti dicari dulu sampe dapet ukuran yang pas dan enggak kebasahan atau malah kekeringan!” jabar pria berpostur tegap ini.
Spuyer juga perlu pake yang ukuran gedeUntuk mengerjakan pemasangan paket bore-up kit TDR dan seting, paling tidak butuh waktu setengah harian. Itu pun kalo ‘lab-nya’ Mitra2000 alias workshopnya lagi gak terlalu banyak pasien. Kalo lagi antre, kemungkinan  perlu sehari. Artinya, pasang hari ini, besok diambil. Dan hasilnya cukup efektif, lo. “Gue pernah dyno motor gue kok. Jelas karena kapasitas nambah jadi 150-an cc, tenaga juga mengentak. Waktu itu, kalo enggak salah tercatat peningkatan tenaga sekitar 2,02 dk dari standarnya,” aku Alvian sembari mengingat-ingat.
Malahan – masih kata Alvian – skutik itu enggak cuma dipakai untuk mendukung aktivitasnya sebagai sales di sebuah perusahaan perkreditan, tapi sering juga dipakai keluar kota bareng teman-teman tongkrongannya. “Gak ada masalah tuh. Kalo pun bensin sedikit lebih boros dari biasanya, buat gue sih lumrah, lah. Sebanding antara biaya yang gue keluarin dan kepuasan yang gue dapet. Lagian ribet banget, buat hobi kok kebanyakan mikir, hehehe..!” canda pria tinggi kurus ini.
Eh.. betul juga loe brad! Ikut pasang, ah…

6 komentar:

  1. boleh tahu alamat workshopnya gan? langsung datang lebih praktis. thx

    BalasHapus
  2. Bisnis online yang berbeda dari bisnis online yang lain. Pertama di Indonesia dan terbukti membayar. Info selengkapnya disini

    BalasHapus
  3. Mau tanya blok tdr ini semuanya keramik atau ada yg tidak? Saya beli blok tdr 550rb uda sama piston nya tp gatau ini keramic atau bukan ya semoga aja awet.. Mohon infonya makasih

    BalasHapus
  4. masih ada yang kurang om. Di bagian head mesti ganti spring klep. Kalau makai standar pada saat awal gasspoll akan menyebabkan klep menggelitik dan tarikan hilang. Kompresi yang besar mengharuskan untuk mengganti spring klep yang lebih keras/racing. Bagusnya pakai merk Amerika atau gak Swedia udah joss. Spring klep sonic jangan. Karena per nya rapat sehingga akan mudah patah apabila noken ass sudah di modif karena bukaan akan lebih tinggi.

    BalasHapus
  5. mau tanya om.. saya pengguna jupiter z1.rencana mau membeli paket bore up 130cc TDR.. nanti kira kira langsung pnp atau ada penyesuaian bubut membubut lagi. terus kalo pake ecu standar ori motor z1 apa bisa atau harus ganti ecu racing... makasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Ayo Segera Gabung Bersama BANDARDUNIA
    Master Agen Betting Online Terpercaya Di indonesia DENGAN TRANSAKSI TERNYAMAN dan
    TERAMAN

    Min deposit & withdraw Rp 50.000,- Di support Bank Lokal BCA, Mandiri, BNI, dan BRI. Info lbh
    lanjut,silahkan hubungi CS 24/7 kami melalui :
    Link Register :
    http://goo.gl/4eIAzE
    Livechat : https://goo.gl/eT5T3i
    BB : 266c728d
    BB2:2bbb91c0
    Whatsapp : +6281376501828

    BalasHapus